Senin, 25 Desember 2017

CARA MEMBEDAKAN IKAN SEHAT DENGAN IKAN SAKIT

Tidak  tak sedikit orang mengenal perbedaan ikan sehat dengan ikan sakit. Ikan sehat dan ikan sakit bisa dibedakan berdasarkan warna tubuh ikan, tingkah laku ikan alias kelainan manfaat tubuh ikan dan respon refleks ikan.
Apabila dilihat dari warna tubuh, perbedaan ikan yang sehat dengan Mp3 Lagu yang sakit bakal terkesan jelas. Dimana ikan yang sehat warna tubuhnya bakal terang sedangkan yang sakit bakal berubah menjadi pucat alias berubah warna dari warna aslinya.
Tingkah laku ikan alias kelainan manfaat tubuh juga bisa menentukan perbedaan ikan sehat dan sakit yaitu ikan sehat biasanya lebih aktif gerakannya dibandingkan ikan sakit. Apabila sewajibnya ikan sebut mempunyai tingkah laku aktif tiba-tiba berubah menjadi tak aktif bisa dimungkinkan ikan tersebut sakit. 
Ada berbagai refleks ikan yang bisa digunakan untuk mentukan apakah ikan tersebut sehat alias sakit dalam sebuahpopulasi. Adapun refleks ikan yang biasa diperiksa yaitu :
1.      Refleks ekor
Pemeriksaan ikan memakai refleks ekor yaitu dengan memegang ikan terbaring pada satu sisinya, maka ekor dari ikan yang sehat bakal mengembang tegak berdiri semacam kipas, sedangkan ikan yang sakit ekornya lemas dan terkulai ke bawah.
2.      Refleks lari
Pemeriksaan ikan memakai refleks ekor yaitu dengan menepuk permukaan air, bila seusai air ditepuk-tepuk dan ikannya bisa lari, maka ikan tersebut sehat, namun bila ikan diam saja di tempat, ada kemungkinan ikan tersebut sakit.  Tidak hanya itu bisa memakai hentakan kaki pada air kolam dan senter alias lampu sorot pada malam hari dengan cara mendadak.
3.      Refleks mata
Pemeriksaan ikan memakai refleks ekor yaitu dengan memegang ikan pada tahap tubuhnya sedemikian rupa jadi perutnya menghadap ke atas. Perhatikan Video pupil matanya, ikan yang sehat pupil mata bakal bergerak dan menonton ke atas (kea rah ventral tubuh ikan), namun pada ikan yang sakit maka pupil matanya masih diam saja tak bergerak.
4.      Refleks pertahanan
Pemeriksaan ikan memakai refleks ekor yaitu dengan memegang tahap kepala ikan dan biarkan tahap dadanya tergantung, maka ikan yang sehat bakal menggelepar bergerak-gerak ingin lepas dari pegangan. sedangkan ikan yang sakit ekornya bakal terkulai dan diam lemas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar